Majalah Sindo Weekly
ESET NOD32 ANTIVIRUS


Mailbox

NO. 9 TAHUN II, 2 - 8 MEI 2013

Demokrasi Indonesia Dicontoh Myanmar

Raden Roro Sulistiya
Jln. H. Jidi No.21. RT 06/01 Cinere, Depok
A

PRESIASI besar Pemerintah Myanmar disampaikan Presiden U Thein Sein kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY dinilainya telah berhasil membangun demokrasi di Indonesia. Keberhasilan membangun demokrasi di Indonesia tersebut membuat Myanmar bermaksud akan mengembangkan pembangunan politik dengan model demokrasi seperti Indonesia.

Menurut pendapat saya, upaya pembelajaran demokrasi cara Indonesia yang akan diterapkan Myanmar perlu disambut baik. Presiden SBY sebagai Kepala Negara Indonesia, menurut saya, telah berhasil menciptakan sebuah perubahan besar untuk negara ini. Dalam arti kata, sistem demokrasi Indonesia saat ini ternyata bisa terbilang cukup baik di mata dunia.

Kebebasan berpolitik dalam sebuah negara memang sangat diperlukan. Bukan hanya kebebasan politik saja, keterbukaan informasi maupun kebebasan berpendapat merupakan kunci sukses dalam sebuah negara. Jadi, pantas jika negara lain seperti Myanmar akan memakai metode dan sistem demokrasi ala Indonesia ini.

Harapannya, dengan model pembangunan demokrasi di Indonesia yang dipandang baik ini, negara kita bisa kuat dan dapat disamakan dengan negara lainnya di dunia. Memang dalam kenyataannya, proses demokrasi di sebuah negara tersebut tidak segampang yang kita kira. Banyak masalah yang pastinya akan terjadi. Tapi melalui tahap demi tahap, masalah tersebut bisa menjadi sebuah pelajaran bagi para pemimpin.







ESET NOD32 ANTIVIRUS